“PROMOSI PRODUK POCARI SWEAT”
Produk pocari sweat merupakan hasil produk
pertama dari Pabrik Otsuka Pharmaceutical di Tokushima. Pocari sweat merupakan
minuman kesehatan hasil penelitian dari Akihisa Takaichi, Rokuro Harima, dan
direktur Akihiko Otsuka.
Pocari Sweat sebagai minuman isotonik
pengganti cairan tubuh merupakan produk pertama minuman isotonik dari
perusahaan Otsuka Pharmaceutical yang dibuat pada tahun 1980. Minuman isotonik
pada tahun itu tidak terkenal dan tidak diketahui oleh publik.
Pemasaran produk dilakukan pada tahun 1980
dengan dimulai menjajakan di beberapa toko di Jepang. Akan tetapi, toko – toko
melakukan penolakan pemasaran pocari sweat.
Kebijakan dari direktur Akihiro Otsuka
mengatakan pemasaran pocari sweat dilakukan dengan cara membagikan pocari sweat
secara gratis secara besar – besaran dengan jumlah yang tidak terbatas. Ketua
dari badan marketing membagikannya di beberapa tempat. Salah satunya di tempat
lapangan baseball.
Gbr. Pembagian pocari sweat gratis
Sumber: courtesy youtube
Pembagian gratis juga dilakukan di tempat sauna dan di tempat – tempat
yang banyak pengunjung melakukan aktivitas. Promosi yang dilakukan disertai
dengan penjelasan penjelasan mengenai
produk pocari sweat.
Pembagian gratis ini
dilakukan selama sepanjang tahun 1980 di seluruh daerah di Jepang. Pada tahun
1981 pocari sweat dipasarkan dengan menjualnya di toko – toko. Pada tahun 1981
ini tengah terjadi musim panas di Jepang dan omset penjualan pocat menjadi 900
milyar. Musim panas pada tahun berikutnya omset mecapai 2,6 triliun.
Pengembangan pasar pun sudah mencapai di 16 negara terutama di
Indonesia. Pemasaran yang sama pun dilakukan dengan cara membagikan produk
pocari sweat secara gratis. Di Indonesia hal ini sangat berpengaruh, pembagian
pocari sweat dilakukan pada bulan Ramadhan secaara gratis.
Seiring berjalannya
waktu pemasran produk mengalami naik – turun, Direktur utama Pocari Sweat
memulai target pemasaran dengan membagikan gratis produk di event – event anak
remaja dan membagikan doorprize secara besar – bearan di beberapa kot a. Salah
satunya adalah pemasaran dengan “program online contest heavy rotation dance
cover”
Gbr. Event Pocari Sweat dengan membagikan
doorprize besar – besaran
Sumber:http://www. Google images.com
Program Online Contest
Heavy Rotation Dance Cover adalah sebuah kontes tari dengan koreografi heavy rotation dimana para
peserta harus membuat
video dance cover. Selama 3
menit dengan menggunakan botol Pocari Sweat sebagai mic pada video yang
peserta kirimkan. Pemenang pada kontes ini adalah mereka yang mendapatkan
like pada video mereka di Youtube.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar